Olimpiade ke-16 Sempoa Kreatif sukses di gelar di Surabaya

Sempoa KreatifAlhamdulillah…Sempoa Kreatif kembali menggelar olimpiade berhitung cepat di tahun 2016. Ini merupakan agenda ritun yang dislenggarakan oleh Sempoa Kreatif. Kali ini olimpiade berhitung cepat dilaksanakan di JX International Expo Surabaya. Pada hari ahad, 4 September 2016.

Ini merupakan agenda olimpiade ke-16. Sekitar 170an peserta turut serta dalam acara ini. Diikuti oleh siswa-siswi Sempoa Kreatif dari berbagai cabang, serta mengundang dari lembaga lain. Adapun peserta yang mengikuti olimpiade berhitung cepat kali ini, datang dari cabang yang berada di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Madiun, Ponorogo dan juga luar Jawa timur yaitu dari Boyolali Solo.

Kategori yang dilombakan adalah sesuai dengan kelas di sekolah, dan sesuai tingkat belajar di Sempoa Kreatif. Jika dijumlah ada 18 kategori yang dilombakan. Untuk masing-masing kategori akan diambil juara 1,2, dan 3.

Untuk karegori tingkat  1, peserta akan diberikan soal penjumlahan dan pengurangan satuan, dengan 105 soal dan waktu 3 menit. Tingkat 2, ada 105 soal penjumlahan, pengurangan satuan dan puluhan, serta soal perkalian. Waktu yang diberikan adalah 4 menit. Sedangkan untuk kategori tingkat 3&4 dicampur menjadi satu kategori. Soal yang diberikan adalah hamper sama dengan tingkat 2, namun tingkat kesulitan yang lebih rumit dan juga diambah dengan soal pembagian. Adapun waktu yang diberikan adalah 4 menit.

Selain itu juga ada aksi pemecahan RESKI (Rekor Sempoa Kreatif Indonesia), yaitu siswa diharuskan menjawab dengan benar semua 105 soal penjumlahan, pengurangan sauna dan puluhan, serta soal perkalian dan pembagian dengan waktu hanya 5 menit. Untuk rekor pertama, jawaban peserta 105 soal harus betul semua. Sedangkan untuk rekor ke-2 toleransi kesalahan maksimal 3 soal.

Kali ini rekor pertama belum terpecahkan, karena ada jawaban yang salah. Sehingga yang terpecahkan adalah rekor ke-2. Rekor diraih oleh adik Caca dari cabang Sempoa Kreatif Krian Sidoarjo. Atas bimbingan dan arahan bu Siti Rokhayati, rekor ke -2 dapat diraih. Adapaun waktu yang dibutuhkan untuk dapat mengerjakan 105 soal tersebut adalah 4 menit 30 detik.

Bagi rekor pertama berhak mendapatkan piala dan uang tunaisebesar  satu  juta rupiah. Dan rekor ke-2 mendapatkan piala serta uang tunai sebesar lima ratus ribu rupiah.

Untuk olimpiade berikutnya insyaallah akan dilaksanakan bulan November mendatang. Bertempat di GOR Kota Blitar. Dengan jumlah peserta yang lebih banyak dan juga tambah meriah dan seru lombanya.

Yuk mulai sekarang cabang-cabang Sempoa Kreatif mulai mempersiapan diri untuk mengikuti olimpiade tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>